Wednesday, June 23, 2010

10 Kota Paling Mahal Dihuni di Asia !


Kota-kota besar di Asia kini semakin menunjukan perkembangan yang semakin pesat. Kota-kota di Asia yang dahulu hanya merupakan sebagai tempat bisnis dan juga transit perdagangan dunia, kini telah menjelma sebagai pusat tujuan investasi dan juga tempat singgah bagi kaum kaya dunia. Maka dari itu, CNBC melangsir 10 kota di Asia yang dinilai memiliki nilai hunian tertinggi.

Peringkat pertama diduduki oleh Tokyo, ibukota negara Jepang ini memang telah menjadi langganan sebagai kota paling eksklusif di Asia. Tersedianya dan tercukupinya fasilitas-fasilitas kebutuhan hidup menjadikan kota ini merupakan kota panutan bagi negara-negara di Asia lainnya. Kota yang terkenal dengan sektor transportasinya ini dinilai memiliki tingkat keesklusifan tersendiri terutama dari segi kelayakan tempat hunian dan tarif yang disediakan.

Nilai lebih dari kelengkapan fasilitas dan juga sebagai pusat bisnis Asia membuat harga hunian di Tokyo memilki tarif yang paling mahal untuk menjadi tempat hunian di kota-kota Asia. Apalagi dengan taraf hidup dan konsumsi yang sangat tinggi pastinya akan berimbas ke pada nilai huni. Sedangkan di posisi kedua ditempati oleh Nagoya yang merupakan salah satu kota besar di Jepang. Kota dengan populasi sebesar 2,2 juta orang atau nomor 4 terbesar di Jepang ini dikenal sebagai kota industri dan juga manufaktur di Jepang.

Bahkan pusat industri otomotif dan penerbangan di Jepang bertempat di kota yang hanya memiliki luas 326 km persegi ini, memang kota bisnis tersibuk ketiga di Jepang. Maka dari itu tidaklah mengherankan memiliki nilai huni cukup mahal di Asia. Dan selanjutnya di peringkat ketiga masih ditempati oleh salah satu kota di wilayah Jepang yaitu Yokohama. Kota dengan populasi terbesar kedua di Jepang dengan jumlah penduduk sebesar 3,6 juta ini merupakan kota industri selain Nagoya. Yokohama dikenal sebagai kota produsen sektor bioteknologi, semikonduktor dan juga industri perkapalan.

Berikutnya Kobe, salah satu kota pelabuhan di Jepang ini merupakan kota tersibuk dengan jalur distribusi pengangkutan kontainer di Jepang. Kota yang terletak di wilayah selatan Jepang ini memang memiliki daya tarik bagi investor karena memiliki letak yang strategis. Alhasil beberapa perusahaan besar dunia seperti P&G, Boehringer-Ingelheim dan Nestlé membangun pabriknya di wilayah tersebut. Dan disisi lain, karena letaknya di pantai, Kobe memilki daya tarik wisata dengan ditemukannya banyak resort di pinggir pantai.

Diperingkat kelima ditempati oleh ibukota dari Korea Selatan yaitu Seoul. Kota yang termausk padat dengan ditinggali oleh 25 juta orang ini memang dikenal sebagai kota tersibuk di Korea Selatan. Dan memiliki nilai huni tertinggi di negara tersebut. Seoul juga merupakan pusat dari perusahaan-perusahaan besar dan kebanggaan Korea Selatan seperti Samsung, LG dan Hyundai. Berikutnya Hong Kong, salah satu kota tujuan wisata di Asia selain juga sebagai kota sentral bisnis di wilayah Asia Timur selain Seoul dan Tokyo. Karena merupakan salah satu tujuan wisata dan berbelanja selain sebagai kota bisnis, Hong Kong juga dinilai memiliki pasar properti yang mahal.

Bahkan baru-baru ini di Hong Kong telah dibangun Oriental Pearl yang merupakan lokasi hunian termahal di wilayah Hong Kong, dengan fasilitas super mewah dengan dilengkapi oleh ketersediaan layan eksklusif. Posisi ke tujuh ditempati oleh Shanghai, salah satu kota terbesar di China dan tersibuk dari segi bisnis. Maka tak ayal kota ini menjadi tuan rumah dari 2010 World's Expo dengan peserta 200 negara dan 70 juta pengunjung. Selanjutnya Beijing yang merupakan ibukota dari China. Kota dengan penduduk sebesar 22 juta ini dikenail sebagai kota kebudayaan dan pusat pendidikan di China karena banyaknya lembaga pendidikan dan universitas di kota ini.

Dua peringkat terakhir ditempati oleh Singapura dan juga Busan. Singapura dan Busan memiliki karakteristik yang sama sebagai pusat wisata dan juga pusat bisnis dengan konsep pelabuhan. Disamping oleh sebagai pusat bisnis yang membantu perekonomian negara.

No comments:

Post a Comment

Post a Comment